Rabu, 14 Mei 2008

Jalin Silahturahmi Lebih Banyak Usia Anda Panjang

Siapa yang tak mau berumur panjang? Untuk memperpanjang usia, berbagai macam cara dilakukan, mulai makan makanan bergizi, olah raga teratur hingga rekreasi yang menyenangkan jiwa. Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat kita panjang umur. Berteman.

Teman bukan hanya seseorang yang bisa diajak saling berbagi baik dalam keadaan susah ataupun senang, tetapi juga lebih dari itu. Menurut sebuah penelitian, berteman ternyata dapat membuat hidup kita lebih panjang. Sebuah penelitian di Australia menemukan sebuah kelompok yang dihuni oleh teman-teman baik, lebih dari sekadar keluarga, menjadi faktor utama para orang lanjut usia bertahan hidup lebih lama.

Para peneliti yang tulisannya dimuat dalam Journal of Epiddemiology and Community Health mengatakan teman dapat mempengaruhi perilaku seseorang dimana kesehatan mereka berkembang lebih baik seiring bertambahnya usia. Dengan menggunakan data dari Australian Longitudinal of Ageing (ALSA), tim dari Universitas Adelaide menanyai hampir 1500 orang yang berusia lebih dari 70 tahun mengenai tingkat hubungan mereka dengan anak-anak, famili dan teman.

Peserta dimonitor selama lebih dari 10 tahun dengan mempertimbangan faktor-faktor seperti status ekonomi-sosial dan gaya hidup yang mungkin juga berpengaruh pada tingkat ketahanan hidup.

Penelitian menyimpulkan hubungan yang erat dengan anak dan famili memiliki sedikit pengaruh pada tingkat ketahanan hidup selama lebih dari 10 tahun sementara hubungan yang erat dengan teman memiliki kesempatan bertahan jauh lebih baik. Mereka yang memiliki banyak teman dan hubungan mereka sangat kuat hidup lebih panjang dibanding mereka yang memiliki sedikit kawan. Hal ini bisa terjadi karena teman memilik pengaruh yang besar pada kebiasaan seperti merokok, minum dan olahraga.

Tidak ada komentar: