Rabu, 07 Mei 2008

Email SMTP di Blok oleh SPAMHAUSE

Tidak terasa sudah hampir 5 bulan lamanya saya selalu harus berhubungan dengan http://www.spamhaus.org/ hal ini menjadi mutlak karena setiap pagi pada saat mengaktifkan Speedy pasti akan selalu berhubungan dengan site tersebut.

Mengapa Harus selalu berhubungan tiap hari dengan spamhause.org ?
Awalnya saya tdk pernah berhubungan dengan spamhause.org selama 3 tahun menggunakan Speedy tdk pernah berhubungan dengan site tersebut akan tetapi semenjak Company Group perusahaan tempat saya bekerja memindahkan Mail Servernya :

Tracing route to IP-162-220.saranadata.com [202.43.xxx.xxx]
over a maximum of 30 hops:

1 70 ms 66 ms 65 ms 1.subnet125-162-208.speedy.telkom.net.id [125.16
2.208.1]
2 72 ms 66 ms 65 ms PE-MKS-HUAWEI.telkom.net.id [125.160.1.161]
3 94 ms 89 ms 91 ms dtp.openixp.net [218.100.27.174]
4 93 ms 91 ms 93 ms IP-78-192-130.dtp.net.id [202.78.192.130]
5 91 ms 93 ms 91 ms IP-162-220.saranadata.com [202.43.162.xxx]

berdasarkan Tracer IP di atas, sejak saat itu saya harus selalu berhubungan dengan SPAMHAUSE.ORG, setelah di lakukan Konfirmasi ke Pihak Helpdesk Speedy dan Helpdesk MIS Pusat ternyata menurut mereka nggak ada kendala.

Pada saat itu sempat di buat pusing karena saya harus mencoba mengganti OS yang saya gunakan dari XP Sp2 ke Windows 2003 Server akan tetapi hasilnya tetap Nihil.

Lama setelah di telusuri ternyata yang bermasalah adalah antara IP area Makassar Speedy, Anti Spam MIS Perusahaan saya, dan Spam Hause sendiri.
Dari Pihak Speedy menyarankan agar perusahaan saya menggunakan IP Static dimana IP yang di berikan tdk akan berubah sehingga ke depan tdk akan terdeteksi oleh Spamhause.org sebagai IP yang mengandung Spam karena jika terdeteksi oleh Spam maka IP tersebut akan langsung di Block oleh Pihak Spamhause dan tentu saja utk bisa melepaskannya harus melakukan Order ke Spamhause seperti di bawah ini :


setelah menerima Konfirmasi dari Spamhause barulah client di kantor saya dapat mengirim Email ke Pihak Luar.

Sebenarnya ada cara mudah agar tdk lagi memakai Spamhause yakni Modem ADSL di colok langsung ke HUB/Switch dan Ip Swith di samakan dengan Ip Komputer yang telah ada. akan tetapi dalam minggu ini Kantor saya akan melakukan Migrasi dari Windows ke Linux sehingga saya berharap Minggu depan saya tdk lagi berhubungan dengan Spamhause.
Solusi yang di berikan Speedy sebenarnya bagus pula akan tetapi pihak perusahaan saya belum bisa menyanggupi biaya yang di tawarkan oleh pihak speedy mengenai biayanya.

Hari ini sangat membuat saya kecewa dimana IP yang d Blok oleh spamhause tdk juga di lepas oleh spamhause sehingga client tdk bisa mengirim email ke luar dan solusi sementara saya menyarankan kepada all client utk mengirimkan Email ke Mail Lokal ke tempat saya dan selanjutnya di teruskan ke yang bersangkutan.

Kebetulan saya menggunakan Winproxy yg menurut teman saya adalah Behind firewall sehingga itulah yang menjadi masalah kenapa saya bisa mengirim ke luar sedangkan client tdk bisa.

adapun pesan yang tampil di client pada saat mengirimkan Email adalah sebagai berikut :

The message could not be sent because one of the recipients was rejected by the server. The rejected e-mail address was 'mks@xx.xxxxxxx.net'. Subject 'Tes Email', Account: 'fAS mks', Server: '192.10.1.1', Protocol: SMTP, Server Response: '451 http://www.spamhaus.org/query/bl?ip=125.162.211.0', Port: 587, Secure(SSL): No, Server Error: 451, Error Number: 0x800CCC79


Semoga perussahaan tempat saya bekerja secepatnya beralih ke Open Sourche.

Bagi teman-teman yang sempat membaca tulisan saya ini dan memiliki pengalaman yang sama saya butuh sharingnya bisa kirim email : ickydei@yahoo.com atau bisa jika chat di YM id yang sama karena saya kebetulan hampir tiap hari OL.

Ohhh spamhause kapan engkau pergi jauh meninggalkan aku ??

Tidak ada komentar: