Selasa, 11 September 2007

Awal Pergerakan Terbentuknya Propinsi Gorontalo ......

Sesuai dengan Visi dan Misi Gm2020 bahwa di tahun 2020 Propinsi Grontalo telah Maju di tahun tersebut, tetapi kita juga tidak boleh melupakan sejarah Cikal Bakal terbentuknya Propinsi Gorontalo yang kita cintai Saat ini.

Semalam saya menghadiri Acara Malam Taziah ke-3 dari Alm HJ.SALMA INAKU/GOBEL, kebetulan pada malam ke-2 juga saya turut Hadir. Secara Kebetulan saya bertemu dengan Bpk Ir. Alex Oli'i (Wakil Ketua Dewan Bone Bolango) kebetulan Alm masih keluarga dekat Beliau. Setelah Ustad Selesai Memberikan Siraman Rohani di saat waktu Istirahat saya berdialog dengan Pak Alex Olii Seputar Gorontalo. Dan akhirnya tidak terasa Pembicaraan kami berdua masuk pada Sejarah Awal Terbentuk Propinsi Gorontalo.

Mungkin di Milist ini ada yang kenal dekat dengan Beliau dan ada Juga cuman sering dengar namanya tapi tdk tahu Orangnya, saya pun demikian walaupun sama-sama di Makassar tapi saya belum bertemu langsung dengan Pak Alex hanya sering mendengar Namanya Pak Alex setiap ada Demo di Kampus UMI terlebih pada Saat terjadi APRIL Berdarah di UMI antara TNI dan Mahasiswa dan Pak Alex lah yang menggerakkan Mahasiswa utk melakukan Protes terhadap Pemerintah karena Kebrutalan TNI pada saat itu. Sehingga Nama Alex Olii saat itu sangat dekat dengan para Pejabat saat itu seperti Pangdam (Jendral Marajabessy) dan Pak Yusuf Manggabarani.Tapi Semenjak Hijrahnya Pak Alex Olii dari Dosen UMI Fak. Teknik ke Gorontalo berangsur-angsur Kampus UMI mulai jarang terdengar Pergerakan Demo.Bagi yang Hoby Karate Nama Pak ALEX tidak asing lagi karena beliau adalah Guru Karate di Gorontalo yang berhasil mengharumkan Nama Gorontalo melalui Bidang karate baik di Kancah Nasional maupun International dan saat ini Cabang Karatenya telah tersebar di Seluruh Prop.Gorontalo dengan Kekuatan Massa Kurang lebih 10.000 org


Pada Awal Pembentukan Ide pembentukan Propinsi Gorontalo Bpk. Alex Olii bersama teman-teman pergerakan dari Makassar mendeklarasikan Propinsi Gorontalo walaupun pada awalnya banyak Pihak yang menentang Pergerakan Beliau dengan teman2nya, dan Awalnya HMPIG (Dany Ibrahim) yang di motori oleh Bupati Gorontalo saat itu IMAM NURIMAN, KKIG (Prof. Yahya Hiola) yang ada di Makassar menentang Sepak terjang dari Pak Alex Olii, apalagi pada saat itu Beliau bergerak dan membawa Nama TINELO dan FORBES yang di bentuk oleh Pak Alex. Sampai Titik Klimaksnya Pak Alex dan teman2 menggerakkan Massa Gorontalo untuk ke Monumen Mandala Makassar menyuarakan Propinsi Gorontalo. Pada saat itu Gorontalo masih dalam Naungan Propinsi SULUT yang sangat menentang Pemisahan Gtlo dari Propinsi SULUT.

Lambat Laun Orang-Orang yang tadi menentang Pergerakan Beliau satu persatu kembali merapatkan Barisan untuk menyuarakan Kalimat "MENDIRIKAN PROPINSI DAN BERPISAH DARI SULUT" sampai mencapai titik Klimaks menuju ke DPR RI Komisi 2, yang saat itu di wakili oleh, Bpk Nelson Pomalingo, Roem Kono,Nasir Tongkodu, Alex Olii, dll. Pada saat Pemaparan Proposal Pendirian Propinsi Gorontalo yang di bacakan Oleh Pak Nelson Pomalingo Ketua Komisi 2 saat itu (maaf Lupa namanya), tidak menyetujui pembentukan Propinsi Gorontalo karena berdasarkan PAD Gorontalo masih sangat jauh dari Target menjadi Propinsi. Pada saat itu Pak Alex Olii dengan Lantang Menyatakan "TIDAKKK, PROPINSI GORONTALO HARUS SEGERA TERBENTUK KARENA JIKA TERUS BERADA DI BAWAH MANADO MAKA GORONTALO TIDAK AKAN MAJU, DAN JIKA INI TIDAK DI SAHKAN MAKA GORONTALO AKAN MENJADI AMBON DAN POSO" Mendengar Suara yang Lantang dari Pak Alex Olii maka Pimpinan Sidang dan Anggotanya Langsung MenSahkan Pembentukan Propinsi Gorontalo.

Semenjak saat itu Nama Propinsi Gorontalo semakin Terdengar Gaungnya dan Hingga saat ini kita sebagai Masyarakat Gorontalo bisa melihat Hasilnya Ir. Fadel Muhammad Menjadi Gubernur Gorontlo.

Saya terkesan dengan Perbincangan dengan Beliau dan Pembawaaannya yang Low Profile. Orangnya sangat Sederhana dan tidak kentara bahwa beliau adalah Wakil Ketua Dewan di Gorontalo. Karena banyak saya Melihat Para Pejabat di Gorontalo saat ini yang telah menikmati nama Propinsi Gorontalo terkesan jaga jarak utk dekat dengan rakyat Kecil, apalagi kalo telah menjadi Anggota Dewan Identik dengan Jas warna Hitam dan Handpone Comunitator di Tangan sebelah Kiri. Saya semalam senang sekali bisa berbicara dengan Pak Alex yang hanya mengenakan Kaus Hitam bertuliskan "KARATE INDONESIA", Celana Jeans Hitam, dan mengenak HandPhone Nokia yang biasa (maaf saya lupa typenya), Orangnya terkesan Sederhana sekali. Semoga banyak Pemimpin di Gorontalo bisa hidup Sederhana tanpa harus hidup di atas penderitaan rakyat Gorontalo.

Sebenarnya masih ingin sekali saya bercerita dengan beliau semalam berhubung para tamu tinggal saya berdua saja yang duduk di kursi sambil dialog, dan telah larut malam untuk itu saya pamit dan terus mengingat kalimat2 dari pak alex mengenai Awal terbentuknya Propinsi Gorontalo.
SEMOGA PERJUANGAN PAK ALEX DAN TEMAN2 TIDAK DI SIA-SIAKAN OLEH GENERASI MUDA GORONTALO.
Bagi rekan2 yang ingin mengetahui ceritanya lebih jelas bisa langsung menanyakan langsung kepada Pak Alex di No. 085240013939.

Tidak ada komentar: